Wednesday, 15 February 2012

Bolu Kukus Gula Merah

Yeaaayyy...ini adalah bikin bolu kukus yang mekrok untuk yang kesekian kalinya :D 
bukannya semua gagal.. duluuu bikin pertama, sukses.. trus bikin lagi..loh kok bulet2 jadinya tuh bolkus.. lucuu2 deeh.. bunder2..hihihi... 

Naahh..trus dulu banget pernah ngobrol ma teman, tentang bolu kukus gula merah, yang katanya anti gagal.. baiklah mari dicoba.. dan ternyataaa.. taraaaaa....



yeaaayyy....mau ngakak juga dia padakuuu :D

saya ambil resep punya teman, namanya mbak bayu.. makasiih mbak bayuuu..sukses niiiyy.. :D

bahan :
- 400 grm gula merah (masak bersama 400 mL air hingga larut)
- 2 telur
- 100 gram gula pasir
- 500 gram tepung terigu
- 1 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 250 mL minyak goreng


how to:
1. Kocok telur, baking soda, baking powder, gula pasir. Kocok sampai kental, mungkin sampai 20 menit. Atur kecepatan mixer diawal paling rendah dulu, baru pertengahan naikin sedikit2.
2. Mulai panaskan kukusan
3. Kecilkan mixer, masukan terigu, minyak goreng, dan larutan gula merah sedikit2 secara bergantian. Lakukan sambil dimixer dengan kecepatan paling rendah.
4. Siapkan cetakan, alasi dengan kertas roti. Tapi kertas roti saya ganti dengan mangkok aluminium foil biar praktis. Tuangkan adonan sampai hampir penuh.
5. Karena kukusan saya tidak terlalu besar, saya hanya isi 4 cetakan sekali kukus. Kukus selama 20 menit. Jangan lupa kasih serbet sebelum dikasih tutup. (*IKA : ga pake ditutup serbet)
6. Setiap selesai mengukus, selalu tambahkan air lagi seperti semula untuk menjaga jumlah uap yg dihasilkan supaya tetap banyak, kemudian panaskan ulang sebelum memasukan adonan selanjutnya. Pastikan kukusan sudah panas banget dan beruap banyak sebelum diisi adonan.

oyaa..saya ga pake ditutupi kukusannya.. karena pas pertama kali kukus, saya tutupin tambah cuman senyum aja dia.. belah 2 :D ya udah, setengah putus asa, saya lepas aja tuh tutup.. malah mekaarr.. haha.. jadi masalahnya di saya, kayaknya perkara kukusan.. :D

oya, ini poto kukusan saya :


semoga bermanfaatand let's make every taste better ;)
-mamaDhiNar-

No comments:

Post a Comment