Sunday, 4 March 2012

Seafood Pizza

-Repost on myblog..before, posted in facebook :D-
 
Lagi weekend, dingin2, hujan pulaa..males kemana2..jadi marilah kita ngemil.. :D. daaaannn...jatuhlah pilihan hati ini pada pizza.. :) Yuuk mari yang mau nyoba ngepizza


 
Resep kulit diambil dari punya jeng Yulyan Parwati, baru pertama kali nih bikin adonan kulitnya ini tanpa telur, biasanya saya pake telur.. tapi menurut jeng iyan..kulitnya ini jadi crunchy.. baiklah, mari kita cobaaaa.. :) berikut resep kulitnya yang beliau ambil dari Resep majalah sedap :


Bahan Kulit (copas dr iyan):

Bahan biang :
1 sdm ragi instant
75 ml air hangat
1 sdt gula pasir

Bahan :
500 gr tepung terigu protein sedang
150 ml air
1 sdm minyak zaitun
1 sdt garam

Method :
larutkan ragi instant dan air hangat. tambahkan gula pasir aduk rata. Diamkan 10 menit sampai berbusa
campur tepung terigu dan larutan ragi instant. uleni rata. Tuang air sedikit2 sambil diuleni sampai kalis.
masukkan minyak zaitun dan garam uleni sampai elastis. Bulatkan, letakkan di baskom yang telah dioles minyak zaitun, diamkan 1 jam.
Adonan siap digunakan.
Kempiskan adonan, bagi 4 bagian adonan, bulatkan, diamkan 10 menit.
giling tipis setebal 1/2 cm hingga berbentuk bulat dengan sisi lebih tebal.
letakkan di loyang yang ditaburi tipis tepung terigu. Tusuk2 adonan dengan garpu.
Oven 7 menit dengan api bawah suhu 190 deg C sampai setengah matang. Angkat

untuk saos dan topping, saya pake resep saya sendiri.. sbb :

*Saos Pizza ala mamaDhiNar:

Tomat matang 4 buah, cuci bersih, potong kotak kecil
bawang putih haluskan
bawang bombay 1/2 buah iris kotak
pala
merica
garam
gula
sedikt tepung maizena
minyak zaitun untuk menumis

cara : tumis bawang putih halus, masukkan bawang bombay, masukkan tomat, pala, mrica, garam, gula, tambahkan air, masak sampai tomat hancur, tambahkan sedikit maizena, biarkan mengental.

*Topping Seafood ala mamaDhinar :

sosis (ga seafood hehe, tp pake sosis ayam :D)
Kerang, cuci bersih
udang, bersihkan hingga tinggal daging,
cumi-cumi, potong bentuk ring, cuci bersih
jamur, sy pake shitake
paprika hijau, iris memanjang
paprika kuning, iris memanjang
tomat min, iris bagi 4
keju mozzarela, sesuai selera


laluuu...
Oles pizza denggan saus, taburi topping.
Oven 10 menit dengan api bawah suhu 200 deg C sampai matang. (ika : oven 20 menit dengan suhu 180 deg C)

Itadakimasu.. ^^

No comments:

Post a Comment