Thursday, 7 June 2012

Steamed Potatoes and Cream Cheese Cup Cake

Steamed Potatoes and Cream Cheese Cup Cake

Haha..kepanjangan judulnyaa yaa.. aka bolkus kentang cream cheese :D. Di resep yang menjadi inspirasi pembuatan kue ini, sebenarnya ini adalah muffin kukus.. Tapi saya salah ukur, tadinya maunya pumpkin mo diganti kentang n cream cheese..gitu aja.. tapi salah nimbang kentang :)) 

Ya udah, akhirnya bongkar total resepnya :)
Meski ini hasil rombak sana sini.. dijamin mantab deeh.. ini hari rabu sore bikin, dan sampai kamis malam, pas saya uplod kue ini masih empuk.. enyaakk :)




Resep inspirasi dari sini

Daaaaaan inilah resep yang sudah saya modifikasi abis.. taraaaa....

Resep
Steamed Potatoes and Cream Cheese Cup Cake ala Ika : 

250 gr kentang, kukus
60 gr cream cheese, suhu ruang
1 butir telur uk L (besar)
130 gr gula kastor
½ sdt garam
100 gr susu cair
60 gr minyak *Ika pake canola oil, tp minyak goreng biasa pun okeh :)
200g tepung terigu all purpose
2.5 sdt baking powder (resep asli 1.5 tsp BPDA)

Methods:

1. Campurkan tepung dan BP, sisihkan.
2. haluskan kentang kukus, tunggu hangat dan campur dengan cream cheese, sisihkan.
3. Panaskan kukusan, tata cetakan ke cup *ika nyoba pake cetakan muffin dan cetakan bolkus, dua2 nya bisa mekar.
4. Mixer telur sampai berbusa
5. Campurkan gula dan garam, lanjutkan mengocok sampai rata dan mengembang.
6. tambahkan susu, minyak, dan campuran kentang, cream cheese. aduk sampai rata.
7. buat lubang ditengah2 campuran tepung dan BP, masukkan adonan cair ke dalam lubang.
8. aduk rata.
9. bisa disisihkan untuk diberi pewarna sebagian.
10. tuang 1 sendok sayur ke masing2 cup sampai penuh.
11. kukus 15 menit. (untuk yang kukusannya tidak ada lubang udaranya, sebaiknya ditutupi lap agar uap air tidak netes ke kue, klo kukusan sy tidak perlu ditutupi serbet)






NOTES : 
kukusan yang saya pake, gambarnya disini

happy baking :)

-mamaDhiNar-

2 comments:

  1. Look so delicious and pretty! Love it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiii..Rinaa..miss you :)
      thank you rina, try to make it at home..:)

      Delete