Wednesday, 25 July 2012

Rempeyek

Sudah lama sekali tidak makan peyek, sejak wajan pemberian teman yang pulang ke Indonesia sudah berkarat..hihihi..ngerii ya bayanginnya.. masaknya pake wajan berkarat..hihihi...

Jadi dulunya wajannya pas saya masih sering pake buat peyek ga berkarat.. :D trus lama ga kepake soalnya pas hamil and baby masih terlalu kecil ga bisa masak yang berlama-lama.. 
Naahh..pas sudah tiba waktunya.. baby Kinaru dah 14 bulan, baru deh bikin peyek lagi.. tapi berhubung wajan dah ga ada, ya udah..peyeknya di goreng di teflon ajah :D

bisa?? ya bisa bisa ajaa.. :) asal digoreng di minyak banyak yaaa.. :) 


saya ambil resep dari sini, terima kasih resepnya mbak elkaje.. :)

bahan : 
125 gr Tepung Beras
10 gr tepung kanji
300-350 ml santan sedang aja kentalnya
5-7 daun jeruk, buang tengahnya, iris halus
100-150 gr kacang tanah yang masih ada kulit arinya, potong kecil2
(sebelumnya di sangrai dulu, agar hasilnya renyah) *IKA pake ebi kering

Bumbu halus:
3 butir kemiri
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 cm kencur
1 sdt garam
1 sdt air kapur sirih *IKA_skip bahan ini,karena ga nemu air kapur sirih disini


cara:
Campur semua bahan kecuali kacang, aduk rata. Santan jangan di tuang semua, Karena kebutuhan santan tergantung tingkat kekeringan tepung. Kacang di campur ke adonan tepung sesaat sebelum tuang ke wajan. supaya kacang terjaga kekeringannya.

Cara menggoreng:
Panaskan minyak banyak, tuang sesendok sayur rempeyek+sedikit kacang di pinggiran wajan, goreng sampai kering

NOTE :
*Karena IKA menggoreng di wajan teflon maka, adonan tuang sreng ke wajan, tunggu sampe garing sisi bawah lalu balik. sekali goreng di teflon 28 cm, bisa 3 rempeyek. Kalo kebanyakan bisa lengket dan ga bagus jadinya.

have a 'kriuuukk'' day :))
-Ika_mamaDhiNar-

No comments:

Post a Comment