Tuesday, 24 July 2012

Shoot your food with your phone (Foto makanan dengan kamera hape)

Postingan ini sebenernya berawal dari statemen seorang teman yang menanyakan tentang foto makanan saya. Lalu setelah saya bilang saya menggunakan kamera dslr, teman tersebut bilang "oo..makanya hasilya bisa bagus dan terang.."

*pic 1*
hayooo..ini pake kamera apa?? :P


hmm...tadinya, saya pun motret pake kamera pocket dan kamera hape.. lalu karena kamera pocket saya rusak karena jatuh, hikkksss..jadi tidak bisa nge-shoot pake camdig lagi.. apalagi setelah dibelikan suami dslr :D

Sebenernya, soal moto saya pun masih belajar, poto-poto saya juga tidak selalu bagus.. :) karena sering sekali saya tidak mood, juga sering tidak memikirkan konsep.. :P
Saya tidak belajar secara khusus karena keterbatasan waktu.. fuuiihh *sok sibuk* :)) 

Saya belajar dari bertanya, mengamati foto-foto teman..dan juga karena beberapa tahun lalu membaca postingan Yulyan si empunya dapur eeyand di fb soal food photography-nya.. jadi tertarik memperbaiki foto saya, paling tidak biar lebih kinclong dan terang meski waktu itu saya belum pakai dslr.. alias masih pake kamera pocket dan hape.

Jadi yaaa..postingan ini hanyalah untuk sharing.. pengetahuan yang saya tau, daaan ini bukan soal teknik yang ribet. just simple one, to make your food pic brighter.. :)
baiklah, cukup intermezzo sampe disini.. mari kita bahas soal potonya :). kali ini saya membahas memotret menggunakan kamera hape, dan juga kali ini saya pakai iphone.. jangan bilang suruh pake hape lain yaaa.. saya punya-nya cuman itu.. :D

baiklah, batasan yang saya pakai disini adalah : 
- saya menggunakan kamera iphone 4GS
- waktu potret sore hari
- ruangan kondisinya terang -tanpa lampu-
- tempat pemotretan di depan jendela, dimana cahaya matahari sore bisa masuk
- alat bantu yang saya pakai styrofoam putih, 3 lembar (kecil2)
- sudut pemotretan dari atas (klo yang ini karena saya lagi sibuk pindahan, packing2, jadinya di apartemen ini full kardus2..hihi..terlihat kan di foto? ada tumpukan kardus :D makanya belum bisa cari sudut yang pas.. ga bagus juga kan, klo background fotonya tumpukan kardus besar2 tempatnya meja :D) 
- bahasa yang saya gunakan bukan bahasa fotography.. :D



*pic 2*
Point : 
1. Foto di atas, karena waktu potret sore hari, saya hanya menggunakan cahaya matahari saja..sumbernya dari jendela. 
2. lalu, karena menurut saya..cahaya sore itu keras, maka tirai saya tutup agar tidak menimbulkan kesan terlalu terang.. juga tidak membuat kilau di piring maupun di petis.
3. untuk mengumpulkan cahaya agar jatuhnya di object kita saya gunakan styrofoam putih, di kanan dan kiri object.
4. styrofoam di belakang object saya gunakan agar cahaya matahari tidak terlalu keras mengenai object. -tidak perlu digunakan jika pemotretan diambil agak jauh dari jendela, lain kali di posting juga lah yang ini, InshaAlloh.. 

A. contoh tirai ditutup dan hasilnya (tanpa proses editing, hanya resize dan diberi watermark tulisan saja, untuk diuplod di blog)


note :
*hasilnya cahaya jatuh ke object terlihat natural dan tidak puyeh.. karena cahaya tidak terlalu banyak.. *ingat.. kamera hape tidak punya setting iso, dsb :D* jadi kita sendiri yang mensetting agar cahaya tidak terlalu banyak jatuh di object.

B. contoh jika tirai tidak ditutup dan hasilnya : 


note :
hasilnya foto terlihat puyeh, piring tampak berkilauan karena cahaya terlalu banyak mengenai object.


oyaaa.. untuk pic 1, yang terdapat di awal postingan ini telah mengalami proses editing, yaitu deeepen dan sharpen dengan free software photoscape.. :) 

Semoga postingan simple ini bisa mencerahkan hasil poto teman-teman yaaa... tetap semangat shoot your food meski pake kamera apapun.. :) ga masalaahh ;)
daaann yuukk sama2 belajar..

ditunggu saran, sharing dan masukan yang membangun yaaaa.. :)
InshaAlloh lain waktu, jika ada kesempatan saya posting dengan sudut pengambilan poto/angle yang berbeda, waktu yang berbeda (pagi/malam), kondisi yang berbeda, dan klo memungkinkan cari pinjeman hape selain iphone.. nanti saya posting jugaa.. ;)

jangan ragu.. shoot your food with your phone :)


-mamaDhiNar-

2 comments:

  1. Aku suka foto yang pertama mbak,..lebih bagus..
    wow.. bu dosen kita satu ini makin merambah dunia perkulineran plus perfotoan..ckckckck... ayo kapan perjahitan digeluti dengan seksama nih??

    nice info sist., makasih yaa.. I'll try someday *masih cita-cita..hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa nisa, poto pertama lebih tidak puyeh.. :)
      hehe..nggaakk..cuman sharing aja pengalaman dan sedikit pengetahuan yang dipunya ;)
      sama2 nisa.. cobain dikasih reflektor, kan kameranya dah baguuusss :)

      Delete