Wednesday, 8 August 2012

Gyudon (Beef Bowl)

Ini adalah menu buka puasa kami kemaren sore, masakan ini cukup mudah, cepat dan tentu saja enaaaakkk bangett.. :) 


rahasia masakan ini terletak pada dagingnya, yaitu memakai daging shabu-shabu.. daging yang diiris tipis-tipis dan hanya ditumis saja..duuuh, sedaaappp!!!

Oiyaaa.. bagi rekan-rekan yang tinggal di Jepang, saya membeli daging ini di Siswahyu Halal Shop/Warung Indonesia Kumamoto (mo nge-link ke tokonya..tp kok kayaknya lagi error yah.. ntar klo dah bisa ditambahin link-nya yaaa...).
Jadi InshaAlloh dijamiin halal.. :) Alhamdulillah :)




Saya nyontek resep dari Just One CookBook, dengan modifikasi dari saya sesuai kebutuhan :) 

RECIPE by Nami - JustOneCookBook modified by MamaDhiNar
  • 1 onion *Ika 1 1/2 onion*
  • 2 green onions
  • 3/4 lb thinly sliced beef (Shabu Shabu beef or Komagire beef)*Ika : 250 gr shabu shabu beef* klo tidak ada bisa diganti daging yang diiris tipis2 bangeett /daging sukiyaki*
  • 2 tsp. sugar *Ika : 1/2 tsp*
  • 2 Tbsp. sake *I don't consume sake, i change with 1/2 tsp rice vinegar*
  • 2 Tbsp. mirin *change with 2 tbsp sweet soy sauce*
  • 1 Tbsp. soy sauce *Ika : 2 tsp soy sauce*
  • 3 eggs
  • pickled ginger (Kizami Shoga) for garnish *i don't have, i change with boiled carrot*
How to :
  1. Slice the onion and green onion thinly, and cut the meat into small pieces.  
  2. Heat the skillet over medium high heat and add the oil. Stir-fry the onions until wilted. 
  3. Add the beef and sprinkle sugar and cook until browned. 
  4. Add sake, mirin, and soy sauce and mix together. *add rice vinegar, sweet soy sauce, and soy sauce*
  5. Reduce the heat and simmer until most of the liquid is gone. 
  6. Pour the beaten egg all over the meat and cover quickly. Cook until the eggs are almost cooked. Add the green onion right before you remove from the heat.  
  7. Serve over steamed rice and drizzle the sauce over. Top with pickled ginger if you like.

Tips : 
*rahasia masakan ini terletak di daging yang diiris tipis2 banget, karena di Indonesia mungkin susah mencari daging shabu-shabu, bisa diganti dengan daging sukiyaki.
*sake : bisa diganti dengan rice vinegar/cuka/jeruk nipis (tips dari teman, thanks bu Dina)
*mirin : klo ini saya tanya ke sensei bahasa jepang saya, menurut sensei saya, mirin warnanya coklat rasanya manis, sewaktu saya nanya apakah kira-kira sama dengan kecap manis Indonesia beliau bilang bisa juga. (Thanks Yamauchi San ^_^)
*mirin : ada juga yang menyarankan diganti dengan gula.

semoga bermanfaat yaaa.. ;)

itadakimasu ;)

-mamaDhiNar-

*notes : beberapa informasi saya update August, 10 2012 setelah ada beberapa pertanyaan dan informasi dari teman2 di facebook :)*

6 comments:

  1. like this..
    memang tuh link-nya si bro lagi error.. aku juga suka daging shabu-shabunya.. nggak pake treatment apa-apa gak amis..
    oishisoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nisa.. oishii :)
      oww..gitu ya.. website-nya emg lg error ya.. bbrp kali aku coba tetep ga bisa soalnya.. beneerr daging shabu2 nya enakk banget.. :)

      Delete
  2. Hi Ika! Thank you for trying this recipe. Even though I cannot read it, I still enjoyed your pictures and your gyudon looks delicious! You live in Japan and your bento looks amazing!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nami.. :) i am very pleased you come to my blog.
      i am your blogs fans nami, your recipe is my favourite.. :) I made bento for my son, thank you very much for your sweet comments.
      ups..i am sorry, sometimes i just too lazy to write in english.. but i will consider to write in english, so many people can read it ;)
      keep inspiring, nami! ^_^

      Delete
  3. Mba dinar...terimakasih resepnya..menarik sekali :> tp mau masukan nii...setahu saya rice vinegar itu tidak halal..karena dibuat dari rice wine, bukan dari rice saja,, :> wallahualam..mungkin bisa di crosscheck di google atau sama ahli agama yg lebih mengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello traveler doctor, duuh..maap sampe lamaa baru sempet dibales komennya :)
      gitu ya? saya pake rice vinegar/cuka indonesia mbak..saya beli di halal shop..
      hmm..iya ya, musti berhati2 asal muasalnya dari mana.. jazakillah atas peringatannya ^^
      oyaa.. cuka bisa diganti jeruk nipis yaa.. ^_^ saya beberapa kali bikin pas ga ada stok cuka bisa pake air jeruk nipis.. :)

      Delete