Thursday, 25 April 2013

Nugget Bihun Ayam


Bismillah ..

Hello..apa kabar?? :)
Kemarin, saya melihat postingan myrna recy tentang menu mayaza putrinya yaitu bihun kuah… saya pun jadi terinspirasi membuatkan anak2 bihun kuah..apalagi akhir-akhir ini anak2 sedang batuk pilek.. *makasiiih yaa myrna, inspirasinya.. ;)

Juga pagi kemaren kinar sempet bilang.. “Mama, kinar nasi ga enak” maksudnya kinar sedang tidak suka makan nasi.. baik, akhirnya pagi itu saya membuat bihun kuah sop ayam buat anak2.. tapi tidak semua bihun yang saya seduh saya masukkan.. Walhasil, setelah sarapan masih banyak bihun yang tersisa..

dan di kulkas ada stok ayam ¼ kg.. hmmm.. akhirnya gugling2..nemu resep nugget bihun pedas di http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Makanan/Nugget-Bihun-Pedas yang akhirnya saya modif menjadi nugget bihun ayam ala saya.. ;)

Mas dhika begitu nugget bihun-nya mateng dari kukusan langsung minta diiris.. setelah nunggu agak dingin lalu diiris, mas habis 10 potong..haha, enak katanya.. tapi adeknya mau yang digoreng kriuk.. hehe, ada dua anak dua selera, nanti yang ketiga gimana ya.. hihihi..


btw..ini resep ala saya :

Nugget Bihun Ayam
Bahan Nugget :
90-100 gr bihun/1 keping bihun jagung, (seduh air panas, tiriskan)
250 gr ayam cincang
1 buah wortel, serut kasar
50 ml susu cair
50 gr keju parut
¼ buah bawang Bombay iris kotak kecil
3 btr telur
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
3/4 sdt garam (atau sesuai selera)
1 sdt lada
Panir:
2 btr telur, kocok
50 ml air
1 sdt garam
200 gr tepung roti

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan nugget  (kecuali minyak yaa.. J
)dan bumbu halus, aduk rata. Masukkan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin/minyak goreng. Kukus dalam dandang panas selama 35 menit hingga matang, angkat. Dinginkan.
2. Potong nugget  menurut selera. Celupkan nugget  ke dalam telur kocok yang sudah dicampur dengan air dan garam, lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Simpan dalam lemari es selama 15 menit.
3. Goreng dalam minyak panas, sampai berwarna kuning kecokelatan. Sajikan dengan saus tomat/mayonaise.


Cocok banget.. dicamil dan di colek saus seperti ini… lumayan, camilan mengenyangkan buat anak-anak klo sedang ga doyan makan :)




atau dimakan setelah dikukus ajah juga enak.. ^_^


selamat menikmati.. semoga bermanfaat ;)

-Ika Damayanti-

No comments:

Post a Comment