Monday, 24 November 2014

Sate Tenggiri Kukus

 Assalamualaikum..

hello dear friends.. :)


 
ini adalah olahan tenggiri yang saya buat hari minggu lalu. Ceritanya putra saya sedang GTM dan sedang suka-sukanya nyamil non-nasi. Akhirnya saya olah tenggiri yang saya beli menjadi tenggiri kukus.


Sate Tenggiri Kukus (momo ika)

bahan :
2 ekor tenggiri (kurleb 600 gr), ambil dagingnya lumatkan. *saya kerok pake sendok
1 butir telur
1 sdm maizena
4 sdm tepung roti
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdm merica bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
tusuk sate/stik es krim

 
cara :
1. ambil daging tenggiri, lumat pake tangan, sisihkan
2. haluskan bawang merah, bawang putih, tumis
3. campurkan tenggiri lumat, bumbu tumis, garam gula, merica, telur, tepung.
4. kepal di tusuk sate/stik es krim (pake alas plastik, yg dioles minyak goreng dikit biar tidak lengket sewaktu mengepal)
5. klo masih tidak bisa dikepal/terlalu lengket, tambahkan tepung roti.
6. ambil sedikit, kukus bentar untuk tahu rasa keasinan/kurang
7. jika sudah ok, maka kukus sate selama 20 menit.
8. angkat dan sajikan

*note : sate ini bisa disimpan di kulkas untuk menu bento pagi hari, cara menyajikan : setelah di unfreeze bisa di goreng sebentar dengan minyak sedikit. 




Semoga bermanfaat ;)
-momo ika-

No comments:

Post a Comment